Senin, 07 November 2016

BERTAWASSUL

BERTAWASSUL DENGAN NABI SEBELUM NABI WUJUD DI DUNIA Di dalam sebuah hadits terdapat keterangan bahwa Nabi Adam ‘alaihissalam bertawassul dengan Nabi Muhammad ﷺ . Dari Umar radhiyallah ‘anhu, ia berkata: Rasulullah ﷺ bersabda: ”Ketika Adam melakukan kesalahan, ia berkata Ya Tuhanku, Aku mohon kepada-Mu dengan haqqnya Muhammad agar Engkau mengampuniku.” Allah ﷻ berkata; Wahai Adam bagaimana engkau mengenal Muhammad padahal Aku belum menciptakanya. “ Wahai Tuhanku, karena ketika Engkau menciptakanku dengan kekuatanMu dan Engkau tiupkan nyawa pada tubuhku dari roh-Mu, maka aku tengadahkan kepalaku lalu saya melihat di Tiang-tiang ‘Arsy terdapat tulisan “Laa Ilaha illa Allahu Muhammadur Rasulullah”, maka saya yakin Engkau tidak menyandarkan namaMu kecuali nama makhluk yang paling Engkau cintai,” jawab nabi Adam. “Benar kamu wahai Adam, Muhammad adalah makhluk yang paling Aku cintai. Berdo’alah kepadaKu dengan haqqnya Muhammad maka Aku ampuni kamu. Seandainya tanpa Muhammad, Aku tidak akan menciptakanmu,” lanjut Allah. Imam al-Hakim meriwayatkan hadits tersebut di dalam kitab Al Mustadrok dan menilainya sebagai hadits shahih ( juz 2 hal. 615 ). Al Hafidh As Suyuthi meriwayatkan dalam kitab Al-Khashais An-Nabawiyah dan mengategorikan sebagai hadits shahih. Imam Al Baihaqi meriwayatkanya dalam kitab Dala’il an-Nubuwah, dan beliau tidak meriwayatkan hadits palsu sebagaimana telah ia jelaskan dalam pengantar kitabnya. Al Qasthalani dan Az Zurqani dalam Al Mawahib Al Laduniyah juga menilainya sebagai hadits shahih. juz 1 hal. 62. As Subuki dalam kitabnya Syifaussaqaam juga menilainya sebagai hadits shahih. والله أعلم.... Di kutib dari kitab Mafahim Yajibu an Tushohhah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan santun.